Tips Fitness untuk Pemula Terlengkap

Olahraga adalah kegiatan yang sangat penting dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan segar. selain itu, tak sedikit pula orang yang melakukan olahraga untuk mengurangi berat badan hingga mendapatkan berat badan ideal. Memang ada banyak sekali jenis olahraga yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat serta berat badan yang ideal. Bagi sebagian orang mungkin menyukai kegiatan outdoor seperti jogging, berselancar, bersepeda, atau bermain sepak bola. Namun, sebagian lainnya lebih memilih olahraga indoor dengan ditemani instruktur berpengalaman di Gym.

Awal Berkembangnya Fitness

Fitness pada awalnya berkembang di Amerika, namun seiring dengan berjalannya waktu masyarakat Indonesia juga mulai menekuni olahraga yang satu ini. Tujuan utama dari fitness ini sebenarnya untuk menurunkan berat badan atau menunjang proses diet hingga mendapatkan berat badan ideal beserta tubuh yang segar dan bugar. Fitness dilakukan dengan memfokuskan gerakan yang mengandalkan kekuatan siku, lutut, dan perut. Selain itu, fitness juga termasuk ke dalam salah satu olahraga keras sehingga membutuhkan pendamping bagi para pemula.

Bagi para pemula, melakukan fitness seorang diri tanpa didampingi instruktur berpengalaman akan sangat beresiko terjadi kecelakaan ketika melakukannya. Kecelakaan yang timbul bisa saja akan membuat mereka cedera dan hal tersebut tentu saja sangat tidak diinginkan untuk terjadi. Oleh karena itu, selalu ikuti arahan dari instruktur yang akan membantu kita ketika akan memulai fitness. Instruktur biasanya akan mengarahkan kita untuk melakukan gerakan fitness sederhana untuk melemaskan otot-otot kita yang tegang.

fitness di rumah

Gerakan Fitness Sederhana untuk Pemula

  1. Push Up

Gerakan push up tentu saja sudah tidak asing lagi bagi kita. Siapa pun bisa melakukan gerakan yang satu ini, namun belum tentu mereka dapat melakukannya dengan benar. Push up memiliki teknik yang harus dilakukan dengan baik agar otot bahu tidak terkilir, atau bahkan mengalami cedera. Teknik yang benar dalam melakukan push up juga akan membuat manfaat push up dapat kita rasakan. Untuk pria, push up dilakukan dengan posisi bahu yang lurus ketika menekan tubuh ke bawah, ingat untuk tidak sampai menyentuh matras. Posisi tubuh juga lurus ditopang oleh jari kaki. Sedangkan untuk wanita, push up dapat dilakukan dengan cara lain yaitu menjadikan lutut sebagai tumpuan ketika tangan dan kaki tidak mampu menopang berat tubuh.

  1. Jogging di atas treadmill

Bagi pemula, langkah awal melakukan fitness dapat dilatih dengan jogging menggunakan treadmill. Melakukan lari kecil di atas treadmill dapat mengukur sejauh mana kemampuan kita dan seberapa besar kemampuan kita. Selain itu, jogging juga dapat memperkuat otot kaki dan memperlancar kerja jantung. Hal tersebut tentu akan melancarkan sistem metabolisme dan aliran darah di seluruh tubuh. Pelatihan jogging berfokus pada seberapa lama kita dapat bertahan melakukan lari kecil di atas treadmill. Tak perlu memperdulikan seberapa kecepatan lari yang kita lakukan, namun seberapa kuat kita melakukannya.

  1. Squats

Instruktur fitness biasanya akan menyarankan para pemula wanita untuk melakukan gerakan squats. Squats sangat optimal untuk menghilangkan lemak pada betis, perut, dan bagian pinggang. Gerakan squats yang benar harus dilakukan dengan melakukan posisi jongkok yang membentuk sudut 90 derajat. Ketika melakukan gerakan ini, kuda-kuda pada kaki harus kuat, begitu pula dengan posisi punggung yang harus tegak. Jika salah melakukan gerakan ini, cedera bisa saja terjadi setiap waktu.