Cara Meninggikan Badan Dengan Olahraga

Cara Meninggikan Badan Dengan Olahraga

Mengambil barang yang terletak di rak paling tinggi tidak akan menjadi masalah ketika kita memiliki tubuh yang tinggi. Tubuh yang tinggi juga akan meningkatkan rasa percaya diri kita. Sayangnya, pertumbuhan badan kadang terhenti di ukuran yang tidak kita inginkan. Banyak orang yang telah melakukan berbagai macam cara untuk memiliki tubuh tinggi, mulai dari minum susu berkalsium tinggi dan mengonsumsi berbagai jenis obat peninggi badan. Bahkan, ada pula yang melakukan operasi atau terapi penambah tinggi badan yang biasanya dilakukan menggunakan alat mengerikan. Berbagai usaha dilakukan hanya untuk menambah sedikit tinggi badan.

Manusia memiliki batas usia ketika tulang tidak mampu lagi untuk bertambah tinggi. Bagi wanita, batas usia tersebut jatuh pada kisaran usia 22 tahun, sedangkan untuk pria sekitar usia 25 tahun. Sebelum kita mencapai usia tersebut, tinggi badan kita masih dapat bertambah meskipun tidak terlalu signifikan. Usia emas bagi tubuh untuk tumbuh pesat adalah sekitar usia 14 tahun. Oleh karena itu, sejak usia tersebut ada baiknya jika Anda memaksimalkan asupan kalsium dan melakukan olahraga yang dapat merangsang pertumbuhan tulang secara maksimal.

Ketika usia emas untuk tumbuh tinggi sudah terlewat, bukan berarti kita tidak dapat memaksimalkan pertumbuhan tubuh kita. Meskipun sedikit terlambat dalam memulai, setidaknya usaha kecil yang kita lakukan dapat membuat tinggi tubuh kita bertambah. Dibandingkan dengan mengonsumsi berbagai obat peninggi badan yang belum tentu aman, atau melakukan terapi penambah tinggi badan yang menyakitkan, lebih baik jika kita melakukan olahraga saja. Memang ada beberapa jenis olahraga yang dapat membantu tubuh tumbuh tinggi dengan maksimal. Beberapa olahraga tersebut akan dijelaskan secara singkat pada ulasan di bawah.

Basket

Mayoritas pemain basket pasti memiliki tubuh yang tinggi. Ring basket yang digantung setinggi 3 meter lebih bahkan terlihat pendek dan sangat mudah digapai oleh para pemain basket. Bukan tanpa alasan, basket memang menjadi salah satu olahraga yang dapat membuat tubuh kita tumbuh secara maksimal. Hal tersebut terjadi karena gerakan utama pada basket adalah mendribel bola, melempar, kemudian melompat untuk memasukkan bola ke ring. Perpaduan gerakan tersebut, terutama melompat, akan menstimulus tulang untuk tumbuh dengan maksimal. Hal tersebut tentu saja membuat tubuh kita dapat tumbuh lebih tinggi. Lakukan permainan basketĀ  2-3 minggu sekali dan rasakan perubahan pada tinggi badan Anda.

Jogging

Salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan tanpa harus memerlukan teknik dan peralatan khusus adalah jogging. Melakukan lari santai di sekeliling kompleks perumahan setiap pagi ternyata memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Udara pagi yang masih bersih dan segar sangat baik untuk kesehatan paru-paru kita. Jogging yang kita lakukan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung karena jantung dapat bekerja secara maksimal. Selain itu, jogging juga akan melatih tulang kaki sehingga dapat tumbuh secara maksimal. Untuk mendapatkan tubuh tinggi, kita bisa melakukan jogging secara rutin setiap hari.

Berenang

Olahraga lain yang sangat efektif untuk menambah tinggi badan kita adalah renang. Ketika melakukan gerakan renang, seluruh tubuh kita bergerak melawan air. Olahraga yang satu ini sangat bagus untuk melatih stamina serta menstimulus otot tangan, punggung, dan kaki sehingga dapat tumbuh dengan maksimal. Mereka yang terbiasa melakukan renang sejak kecil biasanya memiliki tubuh yang tinggi. Selain mendapat tubuh yang tegap, segar, dan sehat, kita juga memiliki tubuh yang tinggi dengan melakukan renang secara teratur 3 kali seminggu.